Representasi Pengetahuan
Representasi
pengetahuan adalah suatu teknik untuk merepresentasikan basis pengetahuan yang
diperoleh ke dalam suatu skema/diagram tertentu sehingga dapat diketahui
relasi/keterhubungan antara suatu data dengan data yang lain sehingga dapat
diuji kebenaran penalarannya. Representasi pengetahuan biasanya digunakan untuk
pembuatan sistem pakar di mana computer dirancang untuk dapat mengambil keputusan
seperti manusia agar dapat menyelesaikan masalah.
Contoh
fakta sederhana yang direpresentasikan secara logika :
Persia adalah kucing
Fakta direpresentasikan secara logika
yaitu:
Kucing(Persia)
Kita juga merepresentasikan secara
logika bahwa semua kucing berekor
Kucing(a)->berekor(a)
Dari penalaran logika, kita mendapatkan
representasi baru:
Berekor(kucing)
Dengan menggunakan fungsi mapping
secara backward,kita dapat men-generate yaitu:
Persia
berekor.
Sistem produksi memiliki struktur seperti proses pencarian (search). Secara umum, sistem produksi terdiri dari komponen-komponen :
1. Ruang Keadaan
2. Memori Aktif
3. Strategi Kontrol
Ruang Keadaan berisi keadaan awal, tujuan dan kumpulan aturan yang digunakan untuk mencapai tujuan.
Memori Aktif berisi deskripsi keadaan semesta pembicaraan saat ini dalam proses penalaran.
Strategi Kontrol berguna untuk mengarahkan bagaimana proses pencarian akan berlangsung dan mengendalikan arah eksplorasi.
Jaringan Semantik merupakan gambaran pengetahuan grafis yang menunjukan hubungan antar berbagai objek menunjukan sejumlah lingkaran yang menggambarkan objek dan informasi deskriptif tentang objek-objek. Objek tersebut bisa merupakan objek fisik. Sedangkan node bisa merupakan pikiran, kejadian atau tindakan.
Triple Obyek-Atribut-Nilai
Ada 3 hal yaitu Objek, Atribute, Value , triplet yang sering digunakan untuk membangun jaringan semantik.
Object : dapat berupa fisik / konsepsi
Atribute : karakteristik objek
Value : ukuran spesifik dari atribut dalam situasi tertentu
Contoh :
Script menggambarkan urutan peristiwa, dalam menggambarkan urutan perisitiwa script menggunakan serangkaian slot yang berisi informasi tentang orang, objek dan tindakan-tindakan yang terjadi.
Sumber :
Sistem produksi memiliki struktur seperti proses pencarian (search). Secara umum, sistem produksi terdiri dari komponen-komponen :
1. Ruang Keadaan
2. Memori Aktif
3. Strategi Kontrol
Ruang Keadaan berisi keadaan awal, tujuan dan kumpulan aturan yang digunakan untuk mencapai tujuan.
Memori Aktif berisi deskripsi keadaan semesta pembicaraan saat ini dalam proses penalaran.
Strategi Kontrol berguna untuk mengarahkan bagaimana proses pencarian akan berlangsung dan mengendalikan arah eksplorasi.
Triple Obyek-Atribut-Nilai
Ada 3 hal yaitu Objek, Atribute, Value , triplet yang sering digunakan untuk membangun jaringan semantik.
Object : dapat berupa fisik / konsepsi
Atribute : karakteristik objek
Value : ukuran spesifik dari atribut dalam situasi tertentu
Contoh :
Triplet OAV secara khusus digunakan untuk mempresentasikan fakta dan pola guna menyesuaikan fakta dalam aturan yang antecendent. jaringan semantik untuk beberapa sistem terdiri dari node untuk objek atribute dan nilai yang dihubungkan dengan IS A dan HAS A.
Frame
frame berupa kumpulan slot-slot yang merupakan atribut untuk mendeskripsikan pengetahuan berupa kejadian, lokasi, situasi ataupun elemen lain.
Contoh :
Frame Pohon
Spesialisasi dari : Tumbuhan
Jumlah batang : integer (default 1)
Jenis kulit : halus
Model daun : jenis pohon jarum,
berganti daun
Bentuk daun : sederhana, berlekuk,
campuran
Frame Pohon Perdu
Spesialisasi dari : Pohon
Jumlah batang : 3
Jenis kulit : halus
Model daun : berganti daun
Bentuk daun : sederhana, berlekuk
Script
Script menggambarkan urutan peristiwa, dalam menggambarkan urutan perisitiwa script menggunakan serangkaian slot yang berisi informasi tentang orang, objek dan tindakan-tindakan yang terjadi.
Sumber :
http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/AI/Representasi%20Pengetahuan.ppt
https://serdiwansyahna.files.wordpress.com/2011/12/ai_6.pptx
http://bs-unity.blogspot.co.id/2010/10/jaringan-semantik-script-pada-ai.html
http://www.slideshare.net/bungpoetra/representasi-pengetahuan-11140673
0 komentar:
Posting Komentar