KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan Buatan adalah salah satu
cabang Ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan
persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya
dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari
kecerdasan/Inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang
dikenal oleh komputer.
Perbedaan antara kecerdasan buatan dengan
kecerdasan alami adalah kecerdasan buatan lebih bersifat permanen, sedangkan
kecerdasan alami dapat berubah (hal ini karena sifat manusia yang pelupa).
Kecerdasan buatan lebih mudah disalin dan dipindah daripada kecerdasan alami.
Menyediakan layanan computer lebih mudah dan murah daripada mendatangkan
seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam waktu yang sangat lama.
Kecerdasan buatan bersifat konsisten karena merupakan bagian dari teknologi
computer, sedangkan kecerdasan alami dapat berubah-ubah.
Perbandingan antara komputasi Kecerdasan Buatan & Pemrograman Konvensional.
Sejarah Kecerdasan Buatan
Pada awal abad 17, Rene Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan
hanya mesin-mesin yang rumit. Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam
AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchaster (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan
program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan" pada konferensi pertama
yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa
pemrograman Lisp. Alan Turing
memperkenalkan 'Turing Test' sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test
perilaku cerdas.
Lingkup Kecerdasan Utama
Lingkup utama kecerdasan buatan :
1. Pengolahan bahasa
alami (natural language processing) : Diman user dapat
berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, misal bahasa
Inggris, bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan lain-lain.
2. Sistem pakar (expert system) : Komputer
sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer
memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang
dimiliki pakar.
3. Pengenalan
ucapan (speech recognition): Manusia dapat berkomunikasi dengan komputer
menggunakan suara.
4. Robotika & Sistem Sensor.
5. Computer Vision : Menginterpretasikan gambar atau objek-objek tamak melalui komputer.
6. Intelligent computer-aided intruction : komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.
7. Game playing.
Soft Computing adalah
kumpulan teknik – teknik perhitungan dalam ilmu komputer,
inteligensia semu, machine learning dan beberapa disiplin ilmu teknik lainnya,
yang berusaha untuk mempelajari, memodelkan, dan menganalisa fenomena yang sangat
rumit.
Sumber :
http://sigitprabowoo.blogspot.co.id/2013/01/kecerdasan-buatan-perbandingan.html
http://elektro-unimal.blogspot.co.id/2013/05/perbedaan-kecerdasan-buatan-dan.html
https://rehulina.wordpress.com/2009/08/05/pengertian-kecerdasan-buatan/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
Kusumadewi, Sri, Artificial Intelligence (Teknik dan
Aplikasinya),Graha Ilmu: Yogyakarta, 2003
goo dinfo ser
BalasHapusVisit Us