Rainbow Pinwheel Pointer

Selasa, 15 November 2016

Penerapan Algoritma Minimax Pada permainan TIC-TAC-TOE

Latar Belakang
Perkembangan teknologi dalam dunia komputer semakin hari semakin lebih maju, komputer yang dulunya berfungsi sebagai alat hitung dan pengolah data, seiring perkembangan teknologi modern komputer saat ini tidak hanya bertindak sebagai mesin yang hanya disuruh namun mampu berfikir memberikan respon bagi pengguna. Kecerdasan buatan dimanfaatkan dalam pembuatan game salah satunya adalah TIC-TAC-TOE, alasannya adalah sebagai berikut :
a. Cukup mudah untuk menentukan ukuran kemenangan atau kegagalan.
b.Memungkinkan untuk dibandingkan dengan kemampuan manusia.
c.Pola peraturan permainan TIC-TAC-TOE cukup dikenal dan mudah untuk dimainkan

Permainan TIC-TAC-TOE

Permainan tic-tac-toe merupakan permainan berjenis board-game berukuran 3x3 ataupun lebih. Pemain harus mengisi sel-sel, sehingga karakter yang dimasukan pemain tersebut dapat membentuk suatu garis lurus horizontal, vertikal, atau diagonal. Biasanya karakter tersebut berupa tanda “X” dan “O” untuk membedakan antar pemain. Permainan ini biasanya dimainkan ileh 2 orang, tetapi pada versi permainan komputer, pemain lawan dapat digantikan oleh komputer. Hasil permaian dapat menang, kalah, atau seri.

Algoritma Minimax
Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI. Pada algoritma minimax, pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut. Tentunya dibutuhkan resource yang berskala besar untuk menangani komputasi pencarian pohon solusi tersebut berhubung kombinasi kemungkinan sangat banyak sekali. Pada langkah pertama komputer akan menganalisi seluruh pohon permainan, dan setiap langkahnya komputer akan memilih langkah yang akan membuat lawan mendapatkan keuntungan minimum dan komputer itu sendiri mendapatkan keuntungan maksimum. Pada permainan tic-tac-toe ini digunakan nilai 1,0,-1 untuk mewakili hasil akhir permainan yaitu menang, seri, kalah. Dari nilai-nilai heuristic inilah komputer akan menentukan simpul mana dari pohon permainan yang akan dipilih. Garis besar algoritma minimax secara umum:
“If ada langkah kemenangan Then pilih langkah tersebut
Else if lawan mempunyai 2 spot terisi dalam satu garis dengan spot ketiga masih kosong Then tutup langkah tersebut.
Else melangkah ke state yang mempunyai kemungkinan menang tertinggi”.

Analisis
Pada permainan tic-tac-toe menggunakan algoritma minimax, dimana AI akan menelusuri semua kemungkinan langkah yang akan dilakukan oleh pemain. Sehingga AI akan selalu mengetahui kemungkinan pemain untuk menang dan memblok semua langkah kemenangan pemain. Dengan demikian permainan akan selalu seri apabila pemain cukup teliti dalam menentukan langkah. Namun apabila pemain melakukan langkah yang salah, maka AI akan langsung mengambil langkah yang mengarahkannya ke hasil akhir berupa kemenangan atau seri.   

Berikut adalah contoh permainannya :

Saya memilih karakter"X", dan mendapat giliran pertama. Disini saya akan mengumpamakan "a" itu baris dan "b" itu kolom, jadi (a(baris),b(kolom)). Pertama saya memilih (a2,b2) dan komputer memilih (a2,b1).

Pada giliran berikutnya saya memilih (a1,b2) dan komputer memilih (a3,b2). komputer memilih (a3,b2) dikarenakan komputer mengetahui bahwa langkah kemenangan saya ada di (a3,b2).

Berikutnya saya memilih (a1,b1) dan disini saya memiliki 2 langkah kemenangan yaitu di (a1,b3) dan (a3,b3). komputer memilih (a3,b3) dan berarti langkah kemenangan saya ada di (a1,b3).


Karena disini saya memilih level kesulitan medium, maka tingkat ketelitian komputer masih rendah. Namun semakin tinggi level kesulitan yang kita mainkan makin sulit pula untuk kita memenangkan game ini.


Kesimpulan : 
Penerapan algoritma minimax cukup bagus dan cocok untuk pengambilan keputusan oleh AI, terutama dalam permainan non-player.

- Algoritma minimax menggunakan konsep Dept First Search dalam pembentukan pohon solusi.

 Pohon solusi dibentuk dari awal permainan sampai akhir permainan.

- Dengan menggnakan algoritma minimax untuk AI dalam permainan tic-tac-toe sangat kecil kemungkinan pemain untuk dapat menang  melawan AI tersebut.

Sumber :

- Khoirus Sholih, 2010.Jurnal Implementasi Teori Minimax pada Tic Tac Toe.Teknik Informatika. Institut Teknologi Bandung.
- http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/317/jbptunikompp-gdl-dickyherma-15803-6-jurnal.pdf
https://www.academia.edu/9991470/PAPER_IMPLEMENTASI_ALGORITMA_MINIMAX_PADA_PERMAINAN_TIC_TAC_TOE_5X5

0 komentar:

Posting Komentar