Rainbow Pinwheel Pointer

Selasa, 15 November 2016

Representasi Pengetahuan : Logika Proposisi (M7)

Logika dan Set


 Representasi pengetahuan dengan symbol logika merupakan bagian dari penalaran eksak.Bagian yang paling penting dalam penalaran adalah mengambil kesimpulan dari premis. Logika dikembangkan oleh filusuf Yunani, Aristoteles (abad ke 4 SM) didasarkan pada silogisme, dengan dua premis dan satu konklusi.



Contoh :
Premis   : Semua laki-laki adalah makhluk hidup
Premis   : Socrates adalah laki-laki

Konklusi : Socrates adalah makhluk hidup

Operator Logika

Proposisi (pernyataan) : suatu kalimat deklaratif yang bernilai benar saja atau salah saja, tetapi tidak sekaligus benar dan salah. Dilambangkan dengan huruf kecil p, q, r,… dan disebut sebagai proposisi atomik.
Dua atau lebih proposisi dapat digabung menggunakan operator logika sebagai berikut :
Konjungsi : Ù (and)
Disjungsi : Ú (or)
Negasi : Ø (not)
Implikasi : à (if-then)
Ekuivalensi : Û (jika dan hanya jika)
Untuk setiap : "
Terdapat    : $

Tautologi


selalu benar untuk semua kemungkinan nilai kebenaran dari pernyataan-pernyataan komponennya. Sebuah Tautologi yang memuat pernyataan Implikasi disebut Implikasi Logis. Untuk membuktikan apakah suatu pernyataan Tautologi, maka ada dua cara yang digunakan. Cara pertama dengan menggunakan tabel kebenaran, yaitu jika semua pilihan bernilai B (benar) maka disebut Tautologi, dan cara kedua yaitu dengan melakukan penjabaran atau penurunan dengan menerapkan sebagian dari 12 hukum-hukum Ekuivalensi Logika.

Kontradiksi
 Untuk membuktikan apakah suatu pernyataan tersebut kontradiksi, maka ada dua cara yang digunakan. Cara pertama dengan menggunakan tabel kebenaran, yaitu jika semua pilihan bernilai F atau salah maka disebut kontradiksi, dan cara kedua yaitu dengan melakukan penjabaran atau penurunan dengan menerapkan sebagian dari 12 hukum-hukum Ekuivalensi Logika.

Contingent
Pernyataan yang bukan Tautologi maupun Kontradiksi

Resolusi Logika Preposisi 
Suatu aturan untuk melakukan inferensi yang dapat berjalan secara efisien dalam suatu bentuk khusus, conjunctive normal form (CNF). Logika yang menangani atau memproses penarikan kesimpulan secara logis dari proposisi-proposisi.







Sumber :
- http://s3.amazonaws.com/ppt-download/ai-3-130109012017-phpapp01.pptx?response-content-disposition=attachment&Signature=KauHRvx2OFCXqzsTR6MjjJC%2FrCQ%3D&Expires=1479007396&AWSAccessKeyId=AKIAJ6D6SEMXSASXHDAQ

- https://rakata89.files.wordpress.com/2012/04/ai_5.pptx

0 komentar:

Posting Komentar