Rainbow Pinwheel Pointer

Jumat, 14 Oktober 2016

Logical Agent (M3)




Logical Agent

Agen logika merupakan agen yang memiliki kemampuan bernalar secara logika. Ketika beberapa solusi tidak secara eksplisit diketahui, maka diperlukan suatu agen berbasis logika. Logika sebagai Bahasa Representasi Pengetahuan memiliki kemampuan untuk merepresentasikan fakta sedemikian sehingga dapat menarik kesimpulan (fakta baru, jawaban). Perbedaan dua agen, problem solving agen dan knowledge-based agen

 
Knowledge Based Agent


Komponen utama dari knowledge based agent adalah knowledge basenya. Knowledge base (KB) adalah kumpulan representasi fakta tentang lingkungan atau dunia yang berhubungan atau menjadi daerah bekerjanya agen. Setiap representasi dalam KB disebut sebagai sebuah sentence yang diekspresikan dalam sebuah bahasa yakni knowledge representation language.

Perbedaan dua agen, problem solving agen dan knowledge-based agen :

  •        Problem Solving Agent : memilih solusi diantara kemungkinan yang ada. Apa yang ia “ketahui” tentang dunia, pengetahuannya tidak berkembang untuk mencapai problem solution.
  • Knowledge-based Agent : lebih “pintar”. Ia “mengetahui hal-hal tentang dunia dan dapat melakukan reasoning (berfikir, bernalar) mengenai :

-          Hal-hal yang tidak diketahui sebelumnya

-          Tindakan yang paling baik untuk diambil.
 
Contoh Wumpus World :




















Logics : bahasa formal untuk merepresentasikan fakta sedemikian sehingga. kesimpulan (fakta baru, jawaban) dapat ditarik. Ada banyak metode inference yang diketahui. Kita bisa membangun agent Wumpus World dengan logika: memanfaatkan perkembangan logika oleh ahli matematika, filsafat selama ratusan tahun.

Sumber :


https://rinnooberta.wordpress.com/2013/10/18/2-logical-agents/

https://www.scribd.com/doc/195203215/Agen-Logika

https://kangmasjuqi.files.wordpress.com/2008/10/iki303200809kuliah10slides.pdf


0 komentar:

Posting Komentar